Manusia yang dibekali akal pikiran yang selalu berusaha menyiasati berbagai kesulitan agar diubah menjadi kemudahan.

Kamis, 08 Mei 2008

D III Komputer Akuntansi

Perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan bisnis. Hal ini dikatakan penting karena dunia usaha menuntut setiap jenis usaha mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat secara up to-date. Pesatnya perkembangan ini membuat setiap orang yang terlibat dalam dunia usaha untuk selalu mengikuti kemajuan teknologi ini.

Demikian halnya bidang akuntansi dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman kearah Komputerisasi Akuntansi - Akuntansi berbasis Komputer (Bases Computerized Accounting). Maka hal inilah yang menghantarkan program studi komputerisasi akuntansi didirikan yang tentunya juga tidak lepas dari upaya sebagai wujud realisasi mencerdaskan kehidupan bangsa

  1. Tujuan Pendidikan
    Tujuan Program Studi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki :
    • Pemahaman, penguasaan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dalam bidang akuntansi, perkembangan teknologi informasi dan aplikasi dasar komputer .
    • Kemampuan dalam mengolah data akuntansi menggunakan aplikasi komputer akuntansi, penguasaan penggunaan teknologi komputer dan internet serta berbagai teknik pemrograman.
    • Kemampuan dalam perencanaan kebutuhan implementasi, pengendalian, evaluasi dan pengembangan sistem informasi secara umum dan pengembangan sistem informasi akuntansi secara khusus untuk mendukung aktifitas organisasi usaha secara efektif dan efisien.
    • Keterampilan dalam menyiapkan suatu sistem informasi akuntansi dalam perusahaan dan kemampuan melaksanakan kegiatan keuangan dan akuntansi secara manual maupun terkomputerisasi.
  1. Sasaran
    Berdasarkan misi yang tertuang, maka sasaran yang ingin dicapai adalah :
    • Memiliki keunggulan dalam ilmu pengetahuan & teknologi di bidang teknologi informasi akuntansi sehingga dapat menerapkan sesuai dengan profesinya.
    • Memiliki skill yang kompeten dalam teori dan praktek dibidang ilmu akuntansi berbasis komputer, sehingga dapat mengisi posisi jabatan serta dapat memajukan lembaga tempat bekerja.
    • Dapat memberikan penjelasan atau informasi tentang seluk-beluk akuntansi kearah sistem informasi akuntansi.
Lulusan Program Studi Komputer Akuntansi diharapkan mampu :

1. Analis Sistem Informasi Akuntansi

Lulusan program studi Komputerisasi Akuntansi diharapkan mampu melakukan kegiatan analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pada proses pengembangan sebuah sistem informasi akuntansi berbasis komputer (electronic data processing).

2. Asisten Auditor Electronic Data Processing

Lulusan program studi Komputerisasi Akuntansi diharapkan mampu membantu tugas auditor dalam melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan (auditing) yang dihasilkan oleh sistem akuntansi yang berbasis komputer.

3. Analis Sistem Informasi Berbasis E-Commerce

Lulusan program studi Komputerisasi Akuntansi diharapkan mampu melakukan kegiatan analisis dan perancangan sistem informasi yang berbasis internet, khususnya e-commerce.

4. Konsultan Sistem Informasi

Lulusan program studi Komputerisasi Akuntansi diharapkan mampu melakukan kegiatan analisis dan perancangan sistem informasi.

5. Manajemen Akuntansi

Lulusan program studi Komputerisasi Akuntansi diharapkan mampu melakukan tugas sebagai seorang manajemen akuntansi dalam suatu lembaga (perusahaan, instansi, organisasi, dan lain-lain).


Kompetensi Lulusan
Mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja dan membina karir dalam komputerisasi akuntansi di bidang pengembangan sistem informasi akuntansi yang sangat menunjang semua sektor industri.

Dengan posisi karir adalah :
  • System Analis atau System Designer.
  • Programmer.
  • Akuntan
  • Inrternal Audit
  • Staf Keuangan & Accounting
  • Instruktur / Tenaga Pengajar
  • Wirausaha

Tidak ada komentar: